07.03.2011 18:37    Comments: 0    Categories: Women's Health     

Alasan utama wanita takut ber-KB Kebanyakan karena mereka takut gemuk. Padahal, ada pil KB yang justru bisa membuat wanita memiliki tubuh yang stabil atau langsing.

 

Pil kontrasepsi ini adalah 3 mg drospirenon/20 mcg etinil estradiol keluaran dari Bayer Schering Pharma dan merupakan kontrasepsi oral pertama di dunia dengan regimen 24/4.

 

Pil kontrasepsi ini mengandung drsp dan etinil estradiol dosis rendah dalam 24 pil hormon aktif dan 4 pil placebo (regimen 24.4) yang menjadikan fluktuasi hormonal lebih rendah serta memberikan manfaat tambahan di samping manfaat kontraseptif.

 

Menurut Prof. Dr.dr. Biran Afandi, SpOG (K) kepada bee-health.com, pil kontrasepsi tersebut selain merupakan pil KB dengan efektifitas tinggi, juga mempunyai efek tambahan yaitu mengobati kelainan pra haid yang berat (Pre Menstrual Dysphoric Disorder atau PMDD) serta mengobati acne (jerawat).

 

Kandungan dosis rendah etinil estradiol yang dikombinasikan dengan waktu paruh drosperenon selama 30 jam membuat waktu tanpa hormon menjadi lebih pendek. Dengan memberikan tambahan hormon selama 3 hari, pil ini dapat menurunkan fluktuasi hormonal sehingga tingkat hormon dapat lebih stabil selama siklus bulanan.

 

Di samping manfaat di atas, pil kontrasepsi ini juga memberikan manfaat lainnya di luar kontrasepsi.

 

Kandungan drosperenon memiliki sifat antimineralokortikoid (diuretik ringan) untuk mengatasi pertambahan berat badan karena retensi cairan, ujar prof. Biran yang juga staf pengajar psikiatri di Fakultas Kedokteran UI. (bun)