12.08.2011 09:04    Comments: 0    Categories: Healthy Foods     

Ilmu pengetahuan modern menyebut probiotik sebagai 'keajaiban'. Secara harfiah probiotik berarti 'hidup'. Probiotik atau bakteri baik yang disebut, telah digunakan oleh manusia selama ribuan tahun.

 

Bangsa Mesir kuno dan Sudan telah menggunakan bakteri asam laktat untuk mengawetkan makanan daging dan susu. Pada tahun 1908 - jauh sebelum istilah 'probiotik' diciptakan - pemenang hadiah Nobel Rusia mikro-biologi Ilya Ilyich Mechnikov, mempelajari sekelompok petani gunung Bulgaria dan menyimpulkan bahwa bakteri asam laktat dalam susu asam dan yogurt dari makanan mereka membantu mereka memiliki umur panjang.

 

Probiotik merupakan bakteri yang membantu menyeimbangkan populasi bakteri usus. Probiotik alami terjadi dalam makanan fermentasi seperti yoghurt yang dipasteurisasi, kefir (minuman terbuat dari susu fermentasi yang populer di Eropa Timur), sauerkraut dan paste miso yang tidak dipasteurisasi.

 

Meski berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mereka yang mengalami beragam masalah pencernaan, namun manfaat probiotik ini belum terbukti pada mereka yang mengalami masalah dengan sistem kekebalan tubuhnya.

 

Untuk itu, Anda harus tahu bahwa tidak semua kondisi kesehatan dapat mengambil manfaat dari probiotik.

 

Beberapa kondisi berikut yang dapat terbantu oleh probiotik:

* Irritable bowel syndrome (IBS)

* Radang usus (IBD)

* Diare disebabkan oleh infeksi bakteri virus, atau parasit

* Diare yang disebabkan karena minum antibiotik. (healthyfood.co.nz/bun)