Home
Profile
Women's Health
Sex Life
Body & Mind
Healthy Foods

08.07.2011 06:02    Comments: 0    Categories: Body and Mind     

Kita pasti pernah mengalami keseleo atau terkilir. Seseorang dikatakan keseleo atau terkilir bila ligamen (berkas liat seperti karet yang melekat pada tulang-tulang dan mengikat persendian pada tempatnya) pada lutut, pergelangan kaki atau siku, terlalu meregang atau sobek secara mendadak.

 

Keseleo juga sering terjadi pada otot atau urat sendi yang meregang secara mendadak ataupun keadaan duduk yang tidak berubah terus-menerus hingga menyebabkan otot menjadi kaku.

 

Tanda-tanda terkilir atatu keseleo pergelangan kaki dapat mencakup:

- Nyeri

- Pembengkakan

- Memar

- Dingin atau mati rasa di kaki

- Ketidakmampuan untuk berjalan atau menanggung berat pada sendi

- Kekakuan

 

Tingkat keparahan keseleo pergelangan kaki tergantung pada seberapa parah ligamen diregangkan atau robek. Jika keseleo ringan, mungkin tidak ada rasa sakit banyak atau bengkak dan ligamen masih dapat diregangkan. Jika keseleo sangat parah, salah satu ligamen lebih mungkin robek atau amat bengkak. Keseleo parah juga bisa sangat menyakitkan.

 

Pengobatan

Dokter biasanya mengetahui apakah terjadi keseleo dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang bagaimana cedera terjadi dan dengan memeriksa pergelangan kaki. Dokter mungkin juga mengambil X-ray dari pergelangan kaki untuk memastikan bahwa itu tidak retak atau rusak.

 

Banyak dokter menyarankan menggunakan pendekatan RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation ) untuk mengobati keseleo.

 

1. Rest/Istirahat. Anda mungkin perlu mengistirahatkan pergelangan kaki Anda, baik sepenuhnya atau sebagian tergantung pada seberapa serius Anda keseleo.

 

2. Ice/Es - Menggunakan es atau pijat es es dapat mengurangi pembengkakan, nyeri, memar dan kejang otot. Tetap menggunakan es sampai 3 hari setelah cedera.

 

3. Compression/Kompres - Membungkus pergelangan kaki Anda mungkin cara terbaik untuk menghindari pembengkakan dan memar. Anda mungkin perlu membungkus pergelangan kaki Anda selama satu atau dua hari setelah cedera dan mungkin sampai seminggu atau lebih.

 

4. Elevation - Pasien sebisa mungkin harus mengangkat bagian cedera lebih tinggi di atas jantung. Misalnya jika yang cedera pergelangan kaki, upayakan pasien dalam posisi tidur kemudian pergelangan kaki diangkat atau ditopang dengan alat supaya posisinya lebih tinggi dari jantung. Teknik ini mengacu pada prinsip bejana berhubungan dan berguna untuk mengurangi pembengkakan pada bagian cedera. (familydoctor.org/bun)