25.03.2011 20:18    Comments: 0    Categories: Health Facts     

Osteoporosis merupakan penyakit di mana tulang menjadi lebih keropos dan karena itu lebih rapuh serta mudah pecah. Hal itu dianggap sebagai masalah bagi orang tua.

 

Namun, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa remaja merupakan kelompok baru yang rentan menderita osteoporosis pula. Ini disebabkan banyak remaja sekarang yang menggandrungi minuman yang mengandung soda.

 

Remaja yang minum banyak soda telah diklasifikasikan menjadi lebih rentan terhadap tulang rapuh dan osteoporosis daripada mereka yang jarang minum soda. Sebuah survey dilakukan kepada 460 anak perempuan, mencatat kebiasaan mereka tentang diet dan kebiasaan olahraga bersamaan dengan riwayat kerapuhan tulang.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang meminum soft drink tiga kali lebih banyak mengalami tulang rapuh. Dan secara fisik, para remaja wanita aktif yang minum Cola hampir lima kali lebih mungkin menderita tulang rapuh.

 

Survey mengaitkan kehilangan mineral sebelum konsumsi Cola, tapi akhirnya ada pemikiran untuk memeriksa konsumsi remaja dan bagaimana hal tersebut bisa mempengaruhi mereka. Kesimpulannya adalah bahwa minum soda menyebabkan osteoporosis pada remaja.

 

Banyak remaja aktif berolahraga. Perhatikan, berapa banyak peminum soda kemungkinan besar yang akan mengalami tulang rapuh? Jawaban dari survey yang telah dilakukan ternyata mencapai 30 sampai 50 persen. Sebuah angka yang harus diwaspadai. (health-doc.com/bun)